Kamis, 25 Juli 2019

Darmin Minta Pemda Bisa Kreatif Jaga Inflasi

Jakarta - Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution memaparkan masih ada lima propinsi serta delapan kabupaten/kota yang tingkat inflasinya di atas target 3-3,5%. Karena itu, Darmin minta beberapa pemda manfaatkan infrastruktur yang telah dibuat serta lakukan pengembangan dalam upaya-upaya mengatur inflasi.



"Untuk tingkat tingkat propinsi ada lima propinsi ada di atas target. Sesaat untuk tingkat kabupaten/kota ada delapan kabupaten/kota yang ada di atas target," papar Darmin dalam rapat pengaturan pengaturan inflasi 2019, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

"Pemda diinginkan makin bertindak aktif mengoptimumkan pemakaian infrastruktur yang sudah dibuat dan lakukan inovasi-inovasi pengaturan inflasi," imbuhnya.

Diluar itu, dia mengutamakan pemerintah masih butuh membuat akses jalan propinsi atau kabupaten yang bisa terkoneksi dengan jalan tol. Hingga, proses distribusi ke beberapa pasar bisa berjalan dengan lancar.

"Pembangunan jalan propinsi kabupaten serta desa yang terkoneksi ke berjalan-jalan tol butuh dibuat. Hingga pusat simpatisan produksi tersambung langsung ke pasar. Seterusnya pembangunan beberapa pasar pengumpul atau lapangan pengumpul dibutuhkan," jelas Darmin.

Simak juga: Darmin Pamer Tingkat Kemiskinan RI yang Turun

Diluar itu, dia merekomendasikan pemerintah baik pusat atau wilayah untuk menyiapkan transportasi barang serta mulai manfaatkan basis e-commerce, dan skema pergudangan berbasiskan IT.

"Penyediaan transportasi barang, pemanfaat basis e-commerce serta skema pergudangan berbasiskan IT adalah upaya-upaya penting yang akan dapat memberi dukungan kelancaran serta efisiensi distribusi serta tersedianya suplai," paparnya.

Darmin mengutarakan, usaha pemerintah dalam mengatur inflasi sekarang memang diprioritaskan pada tersedianya suplai serta kelancaran distribusi.

"Untuk jaga perolehan inflasi 2019 dan sebagainya, dengan konsentrasi penting tersedianya suplai serta kelancaran distribusi ke depan," pungkas Darmin.

0 komentar:

Posting Komentar