Senin, 16 Desember 2019

Diet Turunkan Resiko Kanker

Beberapa makanan berkontribusi meningkatkan perkembangan sel kanker pada tubuh manusia, tetapi ada juga yang bisa menurunkan resiko kanker. Makanan diet turunkan resiko kanker berikut ini  juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Bagi orang yang memiliki kecenderungan genetik terhadap penyakit kanker, diet bukanlah pilihan melainkan kebutuhan hidup. Bagaimana diet turunkan resiko kanker?



Pastikan diet Anda rendah kalori dan sama sekali bebas lemak jehat. Ada setidaknya dua pilihan dimana diet bisa berkontribusi meningkatkan resiko kanker. Makanlah makanan yang rendah lemak. Batasi konsumsi lemak perhari dengan tidak lebih dari 20 persen total kalori makanan yang dikonsumsi. Artinya jika Anda rata-rata mengkonsumsi kalori sebanyak 2500 kalori perhari maka jumlah kadar lemak tidak boleh lebih dari 500 kalori per hari.

Makanlah lemak yang benar. Memakan jenis lemak yang salah bahkan bisa menyebabkan resiko terkena kanker lebih tinggi. Peneliti kanker menjadi sadar akan kenyataan ini ketika mereka tahu bahwa penduduk yang beresiko kecil terkena kanker ada di daerah Eskimo, dimana mereka banyak mengkonsumsi makanan laut berasam lemak Omega 3. Jadi memang benar, program diet turunkan resiko kanker asal programnya tepat dan seimbang.

Yang pasti, jangan mengkonsumsi lemak jahat. Hindari minyak berlemak tinggi seperti minyak sawit, minyak kelapa dan minyak benih kapuk. Lemak dalam minyak jenis tadi berpotensi tinggi sebagai bahan karsinogenik, bahan yang beresiko menyebabkan kanker. Tingkatkan juga asupan serat Anda.

Dalam penelitian mengenai kandungan bahan makanan dalam tubuh, ada hubungan erat antara diet serat tinggi dengan rendahnya resiko terkena kanker colon atau kanker usus. Jika dipikirkan memang masuk akal, karena kandungan serat membantu melancarkan pencernaan tubuh.

Diet turunkan resiko kanker jika diet Anda memasukkan banyak asupan buah-buahan dan sayuran. Penelitian menyebutkan fakta bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak berpotensi menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah. Jika bisa ganti daging merah dengan ikan. Daging merah beresiko tinggi terkena kanker usus.

Gantilah kebutuhan protein tubuh dengan asupan kcang-kacangan yang lebih sehat dibandingkan asupan daging. Gantilah minyak untuk memasak dengan minyak yang mengandung asam lemak omega 3 yang bersifat anti kanker.

0 komentar:

Posting Komentar